Salah klo drag cuma andil besar pada setting mesin, joki juga berpengaruh besar..!!
Kenapa? karena saat start, joki drag yg baik menjaga motor agar tidak
terangkat dan meminimalisir trjadinya spin pada roda belakang, karena
keduanya dapat mengurangi catatan waktu. Lalu timing mengoper gigi pun
harus baik bila terlalu cepat akan membuat mesin menjadi turun jauh RPM
nya, dan menjadi lama untuk mengumpan tenaga,bila terlambat akan membuat
mesin overstress tenaga jd drop.
Bila cuma mengandalkan feeling sebenernya susah juga seh, karena feeling
rentan berubah dan setting motor balap pun sering berubah, timing oper
gigi pun bisa berubah juga.
Sebaiknya mengoper gigi yg paling sempurna dengan menggunakan bantuan
shift light, bila lampu menyala hendaknya kita mengoper gigi bukan bola
ya,hehehe..
Bisa juga dengan takometer, bila jarum sudah ada di area merah,
hendaknya siap2 untuk mengoper gigi, timingnya dikira2 aja, perlu byk
latihan biar lebih akurat cari trus mana yg lebih baik operannya.
Klo untuk start , pada posisi gigi 1 tahan kopling, posisi duduk di
ujung jok, berat badan ada di depan untuk menahan setang agar roda depan
tidak terangkat, tp jgn berlebih agar roda belakang juga medapat beban
untuk mendapat traksi biar tidak spin terlalu banyak.
Untuk bukaan gas, jangan terlalu besar atau kecil. Buka agak besar bila
motor trlalu liar turunkan sedikit, latihan terus sampe ketemu rpm untuk
start yg pas buat anda..
tp ingat, start harus melaju cepat tp tidak standing dan roda belakang
jgn trlalu byk spin karena waktu sekecil apapun pada balapan sangat
berharga makanya rajin latihan usahakan lebih cepat trus, perdalam dulu
ilmu start, selebihnya seh gampang.
Bila sudah melaju, gas poll...usahakan posisi menunduk, kaki dan tngan
harus merapat. Pokoknya usahakan agar tubuh anda tidak menghambat angin.
https://dooons.wordpress.com/tips-dan-trik/bagaimana-menjadi-seorang-ahli-it/
0 komentar:
Posting Komentar